Kamis, 27 Desember 2012

Investasi Jitu, Budidaya Karet 4,6 Juta / Bulan

Tanaman Karet ( Hevea Braziliensis ) kebanyakan di tanam di luar jawa yang lahannya luas. Untuk lahan sempit apakah masih ada keuntungannya ? Jawabannya ada !
Dengan lahan seluas 0.2 hektar pun kita masih bisa memanen sadapan dari pohon yang kita tanam, jadi jangan khawatir.

Memanen tanaman tahunan ( baik yang diambil bagian tanamannya, atau diambil kayunya ) saat ini sedang digandrungi banyak orang. Selain mendapatkan penghasilan dengan stabil ( karena umurnya yang lama yang lama ), penanam juga sekaligus melakukan usaha konservasi. Setelah tanaman keras / tahunan berproduksi, perawatan selanjutnya biasanya lebih mudah dan murah daripada tanaman holtikultura. Untuk itu, majalah trans agro memilih karet sebagai salah satu topic kali ini.

Ditemui di kediamannya di kota sejuk Wonosobo – Jawa Tengah, Hermanto (43) dengan mantab menjelaskan bahwa budidaya karet sangat menguntungkan. Pria ini menjelaskan seluk beluk tentang tanaman yang sangat prospektif ini. “awal mulanya, kita melakukan kerjasama dengan PT. JA Wattie untuk mengebunkan karet ini di seputaran wonosobo,” katanya membuka kisah. PT tersebut adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang agribisnis skala nasional. Saat ini Hermanto bersama warga sudah berhasil menanam sekitar 50 hektar tanaman karet dan 30 hektar sudah mulai produksi.

Tanaman Karet bukan Tanaman asli Indonesia, tapi didatangkan dari luar negeri. Diluar negeripun, lateks dikenal belakangan. Dahulu, sebelum karet dikenal, para penduduk Amerika menggunakan tanaman yang lain juga menghasilkan getah. Setelah karet kemudian diketahui dapat menghasilkan lateks dapat jumlah yang banyak, maka tanaman lain pun ditinggalkan. Tanaman karet ini merupakan tanaman dari brazil yang kini telah banyak dikembangkan di banyak tempat termasuk Indonesia. Tanaman dari suku Euphorbia ini banyak dibudidayakan oleh PTPN. Seiring dengan keuntungan yang menjanjikan, banyak perorangan yang juga mengusahakan tanaman karet ini. Walaupun bisa dikembangkan dilahan sempit, karet tetap menuntut jarak tanam tertentu. Jarak tanam yang terlalu sempit akan menyebabkan tanaman menjadi lambat dalam pencapaian lilit batang sadap. Selain itu juga menyebabkan tanaman rentan penyakit dan tajuk gampang patah.

Dalam satu hektar, idealnya populasi tanaman adalah 500 – 600 pohon, atau jarak tanamnya sekitar 7 x 3 meter. Jarak tanam ini tidak baku, namun bisa sesuaikan menurut kondisi setempat. Untuk mendongkrak hasil lateks sesuai dengan jenis / klon yang telah dianjurkan oleh pemerintah. Klon yaitu keturunan unggul yang diperoleh dengan cara pembiakan vegetatif. Untuk klon ini, terbagi menjadi tiga, yaitu klon penghasil lateks . Klon penghasil kayu dan klon penghasil lateks dan kayu sekaligus.

Proses penyadapan menjadi hal yang penting dalam budidaya tanaman karet. Penyadapan adalah proses membuka pembuluh lateks pada kulit pohon agar getah cepat mengalir. Proses ini harus dilakukan dengan hati – hati dan sesuai dengan atural yang berlaku. Kesalahan dalam penyadapan maka pohon bisa rusak dan berhenti memproduksi lateks pada waktu yang masih belum saatnya.

Seiring pertumbuhan industri dan ekonomi dunia, kebuthan akan natural rubber ( karet ) sebagai bahan industri akan terus meningkat, sedangkan areal perkebunan karet makin terbatas sehingga harga komoditas karetpun akan terus naik. Statistic harga karet dunia sepuluh tahun terakhir dari tahun 2000 – 2010 menunjukan kenaikan  per tahun rata – rata sekitar 20-an %, dan harga rata – rata untuk tahun 2011 saja mencapai USD 4.5 ( sumber Indexmundo). Produksi lateks per satuan luas dalam kurun waktu tertentu dipengaruhi oleh beberapa factor antara lain klon klon karet yang digunakan, kesesuaian lahan dan agroklimatologi, pemeliharaan tanaman belum menghasilkan, system dan manajemen sadap dan lainnya. Dengan asumsi bahwa pengeloan kebun plasma dapat memenuhi seluruh criteria yang dengan dikemukakan dalam kultur tekhnis karet diatas, maka estimasi produksi dapat dilakukan dengan mengacu pada standar produksi yang dikeluarkan oleh Dinas Perkebunan setempat atau Balai Penelitian Karet.

Untuk mempercepat pengembangan karet saat ini Hermanto sedang mengusahakan kerjasama dengan BRI dan Dinas Kehutanan dan Perkebunan kabupaten wonosobo untuk menggulirkan program Kredit Energi Nabagi dan Revitalasi Perkebunan ( KPEN-RP), program ini sebagai upaya peningkatan produksi karet nasional dan membantu para petani dalam hal akses modal dari lembaga keuangan dengan modal dari lembaga keuangan dengan bunga yang rendah karena adanya subsidi dari pemerintah. Untuk jenis tanaman karet yang ditanamnya, bapak dua anak ini mengatakan , tanaman yang ditanam sesuai dengan rekomendasi Balai Penelitian Karet Departemen Pertanian adalah klon lateks PB 260. berikut adalah proyeksi produksi dan cahflow perkebunan karet menggunakan bibit quick starter dengan luas 1 Hektar, jumlah tanaman 460 pohon dengan asumsi harga karet Rp. 35.000, diluar biaya sewa lahan. Penghasilan rata – rata perbulan untuk 1 Ha adalah Rp. 4.6 Juta, atau Rp. 1 Juta perbulan per 100 pohon.

Tanaman karet bisa disadap pada usia 6 tahun, namun adanya dengan klon tipe quick starter tanaman karet bisa disadap pada usia 4.5 tahunan, sedangkan harga bibitnya, bibit karet di pasaran dijual dalam 3 bentuk :

    Benih Biji
    Okulasi Mata Tidur ( OMT )
    Bibit Polibag 1 atau 2 payung

Untuk harga polibag berkisar antara Rp. 6.500 s.d 12.000, sedangkan untuk OMT berkisar antara Rp. 3500 – 8000, dan untuk biji sekitar Rp. 100 – 1000 per biji, tergantung kualitas dan lokasi pembibitan. Untuk memaksimalkan bagi hasil, tanaman karet muda bisa ditumpang sari dengan tanaman lain sehingga para petani bisa mendapatkan tambahan. Pendapatan tambahan ini penting untuk sekedar pemasukan atau digunakan sebagai biaya perawatan.

Saat ini masyarakat wonosobo yang tergabung dalam gapoktan akan menerima kucuran dana dari Bank BRI. Dana ini nantinya digunakan untuk dana pengembangan budidaya tanaman karet. Dan tersebut bernama Kredit Pengembangan Energi Nabati dan Revitalisasi Perkebunan (  KPEN-RP ). KPEN-RP juga nantinya ditujukan ke sector hilir ( off-farm) yaitu industri pengolahan getah karet menjadi bahan pengolahan karet menjadi bahan baku standart Indonesian rubber dan barang jadi, sehingga diharapkan pengembangan karet ini akan bisa memberikan nilai tambah kepada masyarakat dan keseluruh stakeholder secara berkelanjutan. Nah, semakin menarik bukan, budidaya karet ini ?

semoga bermanfaat,,,
salam NASA :)

23 komentar:

  • Unknown says:
    23 Oktober 2016 pukul 10.34

    Nama saya Dewi Rumapea, saya dari Indonesia, tolong dengarkan, beberapa pemberi pinjaman di sini tidak bersedia untuk membantu Anda, semua yang mereka inginkan adalah untuk merobek Anda uang Anda sulit diperoleh. Suami saya dan saya, mencari pinjaman dari kreditur yang berbeda online tapi pada akhirnya, kami ditipu dan merobek uang kita tanpa mendapatkan pinjaman kami dari perusahaan-perusahaan pinjaman yang berbeda secara.
    Kami bahkan meminjam uang untuk membayar pemberi pinjaman ini online tapi pada akhirnya, kita punya apa-apa.
    Suami saya dan saya berada di utang, dan kami tidak punya satu untuk lari ke bantuan, bisnis keluarga kami hancur dan kami di mana tidak bisa mendapatkan uang untuk memenuhi biaya sehari-hari sampai kami diperkenalkan kepada Ibu Glory yang membantu kami dengan menawarkan kita jumlah pinjaman tanpa jaminan dari 500 juta tanpa agunan.
    Untuk informasi lebih lanjut tentang bagaimana untuk mencapai Ibu. Glory atau mengikuti prosedur pinjamannya, hubungi saya melalui email saya: dewiputeri9@gmail.com
    Atau Anda dapat mengirim email ke Ibu Glory ke: gloryloanfirm@gmail.com

  • Lady Mia says:
    9 Desember 2016 pukul 21.55

    KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah penipuan oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 Juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah dia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan kehilangan Sety saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

  • Unknown says:
    2 Maret 2017 pukul 03.49

    Halo,
    Apakah Anda secara finansial turun? mendapatkan pinjaman sekarang dan bisnis Anda menghidupkan kembali, Kami adalah pemberi pinjaman dapat diandalkan dan kami memulai program pinjaman ini untuk memberantas kemiskinan dan menciptakan kesempatan bagi yang kurang istimewa untuk memungkinkan mereka membangun sendiri dan menghidupkan kembali bisnis mereka tahun baru ini. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami melalui email: (gloryloanfirm@gmail.com). mengisi formulir Informasi Debitur berikut:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor ponsel: ________

    silahkan mengajukan permohonan perusahaan yang sah.

  • SUWANDI ROBBY says:
    23 Juli 2017 pukul 15.21


    BERITA BAIK BERITA BAIK

    Halo semuanya, saya SUWANDI dari indonesia. Saya menyarankan Anda semua di sini untuk tidak mengajukan pinjaman untuk perusahaan atau pemberi pinjaman di halaman web ini, sebagian besar perusahaan di sini adalah tipuan, penipuan dan penipuan, dan juga beberapa testimonial di sini salah, mereka adalah orang yang sama. Karena itu, tolong berhati-hatilah untuk tidak menjalin kemitraan dengan mangsa Indonesia. Saya ditipu empat kali kira-kira Rp 200.000.000 untuk biaya registrasi, biaya transfer, bea cukai dan biaya asuransi, setelah pembayaran ini saya tidak mendapatkan pinjaman saya, tapi mereka meminta saya untuk membayar berkali-kali. Ini akan menarik minat Anda untuk mengetahui ada undang-undang untuk membiayai undang-undang atau peraturan dewan pengurus ini untuk mendapatkan pinjaman dari undang-undang pemberi pinjaman atau perusahaan mana pun. Saya bersyukur bahwa saya menerima pinjaman cepat sebanyak $ 250.000 dari perusahaan yang diperkenalkan teman saya Achmad Halima. Perusahaan pinjaman yang benar dan dapat dipercaya (ALEXANDER ROBERT). Mereka sekarang menjadi perusahaan terbesar di AS, Eropa dan seluruh Asia. Misi dan komitmen Anda kepada Alexander's Loan Company didedikasikan untuk meringankan impian Anda dan membantu kita semua yang telah ditipu dan ditipu dalam proses mendapatkan pinjaman segera, memberi Anda keramahan kelas dunia. Perusahaan Pinjaman Alexander atau pemberi pinjaman tahu apa yang seharusnya ada di sepatu Anda dan mereka berusaha keras untuk tidak melupakan perasaan itu. Mereka akan mendapatkan kepercayaan Anda dengan mengkomunikasikan kepada Anda informasi yang perlu Anda ketahui, jika Anda perlu mengetahui dan berhak menawarkan pinjaman (pedagang pribadi atau pinjaman) dan layanan keuangan.

    Saya sangat bertekad membantu negara saya mendapatkan pinjaman dari penipuan dan segera, e-mail saya (suwandirobby01@gmail.com) atau (achmadhalima@gmail.com)

    Hubungi saya atau (alexanderrobertloan@gmail.com) untuk informasi lebih lanjut, saya bersedia membantu. Tuhan memberkati kalian semua.

  • SUWANDI ROBBY says:
    23 Juli 2017 pukul 15.23

    BERITA BAIK BERITA BAIK

    Halo semuanya, saya SUWANDI dari indonesia. Saya menyarankan Anda semua di sini untuk tidak mengajukan pinjaman untuk perusahaan atau pemberi pinjaman di halaman web ini, sebagian besar perusahaan di sini adalah tipuan, penipuan dan penipuan, dan juga beberapa testimonial di sini salah, mereka adalah orang yang sama. Karena itu, tolong berhati-hatilah untuk tidak menjalin kemitraan dengan mangsa Indonesia. Saya ditipu empat kali kira-kira Rp 200.000.000 untuk biaya registrasi, biaya transfer, bea cukai dan biaya asuransi, setelah pembayaran ini saya tidak mendapatkan pinjaman saya, tapi mereka meminta saya untuk membayar berkali-kali. Ini akan menarik minat Anda untuk mengetahui ada undang-undang untuk membiayai undang-undang atau peraturan dewan pengurus ini untuk mendapatkan pinjaman dari undang-undang pemberi pinjaman atau perusahaan mana pun. Saya bersyukur bahwa saya menerima pinjaman cepat sebanyak $ 250.000 dari perusahaan yang diperkenalkan teman saya Achmad Halima. Perusahaan pinjaman yang benar dan dapat dipercaya (ALEXANDER ROBERT). Mereka sekarang menjadi perusahaan terbesar di AS, Eropa dan seluruh Asia. Misi dan komitmen Anda kepada Alexander's Loan Company didedikasikan untuk meringankan impian Anda dan membantu kita semua yang telah ditipu dan ditipu dalam proses mendapatkan pinjaman segera, memberi Anda keramahan kelas dunia. Perusahaan Pinjaman Alexander atau pemberi pinjaman tahu apa yang seharusnya ada di sepatu Anda dan mereka berusaha keras untuk tidak melupakan perasaan itu. Mereka akan mendapatkan kepercayaan Anda dengan mengkomunikasikan kepada Anda informasi yang perlu Anda ketahui, jika Anda perlu mengetahui dan berhak menawarkan pinjaman (pedagang pribadi atau pinjaman) dan layanan keuangan.

    Saya sangat bertekad membantu negara saya mendapatkan pinjaman dari penipuan dan segera, e-mail saya (suwandirobby01@gmail.com) atau (achmadhalima@gmail.com)

    Hubungi saya atau (alexanderrobertloan@gmail.com) untuk informasi lebih lanjut, saya bersedia membantu. Tuhan memberkati kalian semua.

  • Herman Kamil says:
    25 Agustus 2017 pukul 13.42

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Jika Bank anda mengatakan tidak untuk anda untuk pinjaman, di sana adalah tempat asli di mana anda bisa mendapatkan pinjaman asli. Saya ingin merekomendasikan sebuah organisasi pinjaman islam saya menemukan online untuk semua saudara-saudara muslim dan saudari yang sedang mencari pinjaman cepat untuk cepat menyelesaikan masalah yang mendesak. Saya mendapat pinjaman sebesar Rp800.000.000.00 aku digunakan untuk merenovasi sekolah saya dan yang lainnya onece aku digunakan untuk memperluas pabrik pengolahan makanan. Saya mendapat pinjaman dari mereka beberapa bulan yang lalu. Saya merekomendasikan mereka karena ada begitu banyak palsu pinjaman perusahaan online. Saya diarahkan kepada mereka oleh kakak saya yang juga mendapat pinjaman dari mereka. Sebelum saya menghubungi mereka untuk pinjaman, saya juga melakukan banyak penelitian tentang mereka dan menemukan bahwa mereka benar-benar asli. Mereka tidak seperti kebanyakan western pinjaman perusahaan itu adalah palsu. Jadi saya mengajukan pinjaman tanpa jaminan agunan dengan mereka. Mereka memberikan pinjaman sesuai dengan hukum Islam dan peraturan yang berlaku. Tidak ada jaminan yang dibutuhkan. Tidak ada biaya tersembunyi. Mereka pinjaman proses cepat dan sederhana. Tapi Anda harus bisa meyakinkan mereka bahwa anda akan membayar kembali pinjaman. Saya ingin menyarankan semua muslim sejati ke kontak Email mereka: (islamicloanempowerment@gmail.com)

    Wassalamu alaikum wr wb.

  • Ratna Setyaningsih says:
    26 Agustus 2017 pukul 04.28

    Herman, anda benar, segala sesuatu yang anda katakan mengenai organisasi ini disebut Islamic Pinjaman Pemberdayaan adalah benar. Saya juga mendapat pinjaman dari mereka, mereka benar-benar memberikan pinjaman asli. Mereka tidak seperti yang lain palsu pemberi pinjaman pinjaman di internet. Saya juga mendapat pinjaman dari mereka beberapa bulan yang lalu, saya benar-benar percaya mereka begitu banyak. Sebagai Herman mengatakan, siapa pun yang membutuhkan pinjaman mendesak dapat menghubungi mereka melalui Email (islamicloanempowerment@gmail.com) dan anda akan senang anda lakukan. Sekali lagi, Herman terima kasih untuk berbagi informasi ini kepada orang-orang kami di Indonesia.

  • Anonim says:
    30 Agustus 2017 pukul 15.41

    Saya sangat bersyukur kepada Nyonya Iskandar Lestari karena telah memberi saya pinjaman sebesar Rp700.000.000,00 saya telah berhutang selama bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan nilai kredit nol Semua menolak saya karena rasio kredit saya yang tinggi dan rendahnya kredit Sejarah ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM di salah satu blog saya menghubungi Ny Iskandar Lestari melalui konsultan kredit via email: iskandalestari.kreditpersatuan @ Gmail.com dengan keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada AWAL 2017 dan semoga ini datang jauh-jauh. Usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan hidup ini yang bisa Anda hubungi Ibu Iskandar.
    Melalui email: iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com atau melalui dia
    BBM INVITE: {D8980E0B}

  • charity white says:
    16 Desember 2017 pukul 18.45

    Halo,
    Ini untuk memberi tahu masyarakat bahwa Nyonya Charity White, pemberi pinjaman swasta memiliki kesempatan finansial untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan, membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis baru atau untuk meningkatkan bisnis Anda. Kami memberikan pinjaman dengan bunga sebesar 2% kepada perusahaan dan perorangan. Ini tidak memerlukan banyak dokumen, juga syarat dan ketentuan yang jelas dan peka. Hubungi kami via e-mail: (charitywhitefinancialfirm@gmail.com) Kami akan memberikan layanan terbaik kami.

  • Quick Loan says:
    7 Maret 2018 pukul 12.50

    Halo, Apakah Anda memerlukan pinjaman dari Firm yang paling terpercaya dan terpercaya,
    Di dalam dunia? jika ya maka hubungi kami sekarang karena kami menawarkan pinjaman untuk semua
    kategori pencari baik itu perusahaan atau untuk penggunaan staf. Kami menawarkan
    pinjaman dengan suku bunga 3%, berlaku sekarang dengan informasi di bawah ini.

    Nama pemberi pinjaman: John Rubison
    Email: quickloanlender.help@gmail.com
    WhatsApp: +234 (0) 8107393284

    Informasi Peminjam
    (1) nama lengkap
    (2) Alamat Lengkap
    (3) Negara
    (4) Umur
    (5) pendudukan
    (6) Beri tahu nomor telepon
    (7) Jenis Kelamin:
    (8) Jumlah Pinjaman yang dibutuhkan:
    (9) Durasi Pinjaman
    (10) Tujuan Pinjaman:

    Terima kasih

  • Wilson says:
    25 Maret 2018 pukul 22.40

    Apakah Anda membutuhkan pinjaman? Apakah Anda tertarik untuk mendapatkan pinjaman jenis ini? Atau apakah Anda khawatir secara finansial? Apakah Anda memiliki hutang untuk dilunasi? Kami memberikan pinjaman ke bagian manapun di dunia, suku bunga pinjaman kami adalah 2% per tahun, durasi yang dinegosiasikan, terlepas dari lokasi atau status kredit. Untuk mendapatkan pinjaman hari ini hubungi kami melalui alamat email perusahaan di: wilsonmerryloancompany@gmail.com

    CATATAN: Kami memberikan permintaan kredit ETC maksimum sebesar (USD100,000.00 $ / €) harus dinyatakan dalam DOLAR AS ATAU EURO, RUPIAH, RM dan UANG lainnya yang digunakan.

    pencari pinjaman yang tertarik mengisi formulir aplikasi pinjaman sesuai perjanjian ..

    (INFORMASI PEMENANG)

    Nama lengkap:......................
    USIA.............................
    STATUS PERNIKAHAN ..................
    Kontak Alamat: ...........................
    Negara...................................
    Telepon:.....................................
    E-mail:.....................................
    Pendudukan:................................
    Pendapatan bulanan: ............................
    Agama:..................................
    Jumlah yang Dibutuhkan sebagai Pinjaman: .....................
    Durasi Pinjaman: .............................
    Tujuan Pinjaman: ................................
    Garansi: ................................
    Apakah Anda mengajukan pinjaman sebelumnya?
    Apakah Anda berbicara atau mendengar bahasa Inggris? .............................

    Terima kasih, kami menunggu tanggapan Anda, kami siap melayani Anda.
    Wilson merry Loan Company Limited

  • Andydenny says:
    23 Mei 2018 pukul 16.28

    Nama saya Andy Senang rasanya ketika saya pikir semuanya sudah selesai dengan saya tahun ini. Ibu Yuliana datang menyelamatkan saya. Saya sangat berhutang pada orang-orang yang saya pinjam uang dari mereka yang melawan saya dan kemudian saya ditangkap oleh polisi sebagai akibat dari hutang saya. selama berbulan-bulan sudah waktunya lagi bagi saya ketika saya dibebaskan untuk pergi dan mendapatkan uang untuk semua utang, saya menerima uang saya dari kreditur yang sah secara online saya harus mencari melalui petualangan blog saya tetapi komplikasi saya menemukan ANTHONY YULIANALENDERS, Tuhan menuntun saya untuk dia dan benar-benar keajaiban karena Tuhan telah melihat bahwa saya telah menderita banyak dan saya ingin saya bahagia lagi. Jadi saya melamar untuk pinjaman saya dan saya dikreditkan dengan jumlah persis yang saya minta setelah membayar biaya asuransi pinjaman saya karena saya berbicara dengan Anda sekarang saya dapat menghapus semua hutang saya dan sekarang saya memiliki supermarket sendiri, Saya tidak punya urusan dengan Polisi lagi. Saya sekarang orang merdeka. Jika Anda ingin keajaiban dalam hidup Anda hubungi ibu yuliana melalui email (Anthony.yulianalenders@gmail.com) Anda tidak dapat memperdebatkan fakta-fakta di dunia kemalangan ini yang akan membantu Anda mengatasi masalah keuangan dalam hidup Anda dalam satu atau lain cara, jadi saya memberi Anda mandat untuk mencoba dan menghubungi ibu yuliana dan mengelola keuangan Anda dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya melalui email: (anydenny124@gmail.com)) selalu positif dengan ibu yuliana dia akan melihat Anda melalui semua tantangan Anda dan kemudian Anda akan terlihat baru secara finansial.

  • charity white says:
    4 Juni 2018 pukul 02.22

    Halo,
    Ini untuk memberi tahu masyarakat bahwa Nyonya Charity White, pemberi pinjaman swasta memiliki kesempatan finansial untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan, membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis baru atau untuk meningkatkan bisnis Anda. Kami memberikan pinjaman dengan bunga sebesar 2% kepada perusahaan dan perorangan. Ini tidak memerlukan banyak dokumen, juga syarat dan ketentuan yang jelas dan peka. Hubungi kami via e-mail: (charitywhitefinancialfirm@gmail.com) Kami akan memberikan layanan terbaik kami.

  • "ISKANDAR LENDERS" says:
    20 Juni 2018 pukul 10.27

    Calls Only ::{+16264653418}
    WhatsApp Only::{+33753893351}

    Ini adalah CREDIT UNION DAYA LESTARI, kami adalah pemegang saham CREDIT UNION DAYA LESTARI prioritas utama kami adalah memberikan bantuan keuangan kepada keluarga Anda tempat kerja Anda baik proyek pinjaman pribadi yang memerlukan dana besar atau Anda kekurangan dana dan Anda memerlukan dana untuk situasi buas kami. sedang mengalami. dapat memberi Anda layanan keuangan ini tanpa mengklaim jaminan keamanan KTA karena kami tidak berada di sini untuk memperparah situasi keuangan Anda namun memberikan bantuan keuangan kepada Anda sehingga satu-satunya jawaban bagi Anda untuk mengatasi trauma keuangan Anda adalah CREDIT UNION DAYA LESTARI jadi jika Anda sangat membutuhkan dana yang sangat penting ini yang perlu Anda lakukan adalah menghubungi kami melalui alamat berikut karena Anda akan hadir dengan kepuasan dan kegembiraan, kami selalu berada dalam dua puluh jam sehari. dan tujuh hari seminggu sehingga staf kami akan memberikan layanan keuangan terbaik yang Anda inginkan
    email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)
    BBM: {D8980E0B}
    Kami memperlakukan klien kami dengan sangat hormat karena bertahun-tahun kerja sama membuat kami terus berjalan karena oleh karena itu penawaran kami sangat menarik dan prosesnya sederhana dan tanpa tekanan.

  • AMISHA says:
    10 Oktober 2018 pukul 08.50




    Saya selalu berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan peminjam yang meminjamkan uang tanpa membayar terlebih dahulu.

    Jika Anda mencari pinjaman, perusahaan ini adalah semua yang Anda butuhkan. setiap perusahaan yang meminta Anda untuk biaya pendaftaran lari dari mereka.

    saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah SUZAN INVESTMENT COMPANY. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir Rp35 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Pembayaran yang fleksibel,
    Suku bunga rendah,
    Layanan berkualitas,
    Komisi Tinggi jika Anda memperkenalkan pelanggan

    Hubungi perusahaan: (Suzaninvestment@gmail.com)

    Email pribadi saya: (Ammisha1213@gmail.com)

  • AMISHA says:
    10 Oktober 2018 pukul 08.52




    Saya selalu berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan peminjam yang meminjamkan uang tanpa membayar terlebih dahulu.

    Jika Anda mencari pinjaman, perusahaan ini adalah semua yang Anda butuhkan. setiap perusahaan yang meminta Anda untuk biaya pendaftaran lari dari mereka.

    saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah SUZAN INVESTMENT COMPANY. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir Rp35 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Pembayaran yang fleksibel,
    Suku bunga rendah,
    Layanan berkualitas,
    Komisi Tinggi jika Anda memperkenalkan pelanggan

    Hubungi perusahaan: (Suzaninvestment@gmail.com)

    Email pribadi saya: (Ammisha1213@gmail.com)

  • Lady Mia says:
    25 Oktober 2018 pukul 08.40

    KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

  • aditya.aulia139@gmail.com says:
    7 Januari 2019 pukul 12.11

    Assalamualaikum Wr. Wb.

    WhatsApp Only::::{+33753893351}
    Email:::::::::{aditya.aulia139@gmail.com}
    {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

    Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {D8980E0B} atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY via{mail:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

  • Arya Theresia says:
    5 Juli 2019 pukul 23.49

    KABAR BAIK !!! KABAR BAIK !!! KABAR BAIK!!!

    Halo semua, nama saya Mrs. Arya Theresia, saya dari Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman dari MRS CHRISTY MORRIS LOAN FIRM karena begitu banyak pemberi pinjaman kredit palsu di sini di internet dan juga untuk memberi tahu Anda bahwa saya adalah korban penipu internet berkali-kali, jadi saya tidak kehilangan harapan sampai saya dirujuk oleh seorang teman ke pemberi pinjaman terpercaya bernama MRS. CHRISTY MORRIS yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp850.000,0000 dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan, saya sarankan CHRISTY MORRIS LOAN FIRM adalah yang terbaik dan saya berdoa Tuhan akan memberkati mereka dan menjaga bisnis mereka maju, Amin

    Jika Anda memerlukan bantuan tentang cara mendapatkan pinjaman, Anda dapat menghubungi saya melalui email: (aryatheresia750@gmail.com)

    Anda dapat menghubungi perusahaan secara langsung dengan pinjaman mereka
    Email: (christymorrisloanfirm@gmail.com)
    Terima kasih.

  • Widya Okta says:
    15 Juli 2019 pukul 04.18

    Saya Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan Tuhan yang baik dalam hidup saya untuk orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata itu, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara.
    Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan kredit palsu di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6 kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan seorang teman saya yang saya jelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya kepada perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM pada tingkat rendah 2% dalam 24 jam yang saya terapkan tanpa tekanan atau stres. Jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam proses pinjaman, Anda dapat menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka, Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah membayar pembayaran cicilan bulanan seperti yang disepakati dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya baik Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

  • Alexandra Christie says:
    14 Agustus 2019 pukul 12.52

    Berjudi Mengandalkan Keberuntungan atau Mengandalkan Keahlian Ayo Gabung Sekarang Juga Dan Dapatkan Bonus Berlimpah Hari ini !!!

  • Sandra Ovia Loan Firm says:
    25 Januari 2020 pukul 23.18

    Halo, saya Ny. Sandra Ovia, pemberi pinjaman pribadi uang, apakah Anda berutang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? pinjaman untuk membangun bisnis baru, untuk memenuhi tagihan Anda, memperluas bisnis Anda di tahun ini, renovasi rumah Anda dan kami juga memberikan pinjaman BITCOIN dengan suku bunga sangat rendah 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Anda dipersilakan ke perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

  • Lady Liliyana says:
    29 Januari 2020 pukul 21.38

    KABAR BAIK!!! KABAR BAIK!!! KABAR BAIK!!!

    Nama saya Liliyana. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirimkan dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka iseng, karena mereka kemudian akan bertanya pembayaran biaya lisensi atau biaya registrasi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah dengan perusahaan pinjaman palsu mereka.

    Beberapa minggu yang lalu saya tegang secara finansial dan berkecil hati, saya tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. Christabel Missan, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar USD100.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dan tingkat bunganya hanya 2%,

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya kirimkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji untuk membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: christabelloancompany@gmail.com dan dengan rahmat Tuhan ia tidak akan mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda patuh.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: liliyanabasuki@gmail.com dan Sety diperkenalkan dan berbicara tentang Ny. Christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ny. Christabel, Anda juga dapat menghubunginya melalui email: permatabudiwati@gmail.com dan Anda juga dapat menghubungi Dian Pelangi yang memperkenalkan kami lianmeylad@gmail.com, yang akan saya lakukan adalah mencoba memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke akun mereka setiap bulan

    Saya akan menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Ms. Christabel email Missan: (christabelloancompany@gmail.com) dan saya jamin
    Anda juga dapat menghubungi nomor kontak +1(561)491-6019 ibu whatsapp
    Untuk pertanyaan, silakan Christabelcare - Pusat Layanan Pelanggan 24/7 kami +19177461022
    Anda juga dapat menghubungi email Christabel Customer Care di customerervicechristabelloan@gmail.com.

    Sepatah kata cukup untuk orang bijak dari Indonesia dan Malaysia

Posting Komentar